Friday , July 19 2019
Breaking News
Home > Info > Prospek Kuliah di Program Studi Akuntansi
prospek-kuliah-akuntansi-ruang-kuliah-online

Prospek Kuliah di Program Studi Akuntansi

Minat calon mahasiswa untuk kuliah di program studi akuntansi (96.423 peminat) menempati ranking kedua di SPMB tahun 2017 kemaren setelah program studi manajemen (kompas.com). Hal ini menunjukkan bahwa prospek lulusan akuntansi untuk dapat berkiprah di dunia kerja sangat luas. Lantas, apa saja sih prospek pekerjaan yang menjanjikan untuk Anda yang kuliah di program studi Akuntansi ?

Profesi akuntansi memang bisa dibilang sangat menjanjikan. Sarjana akuntansi dibutuhkan hampir di semua bidang bisnis. Bisnis model apapun pasti membutuhkan mahasiswa lulusan akuntansi.

Akuntansi juga merupakan bidang yang selalu diminati dan merupakan bidang yang dapat terus Anda kembangkan di dalam perusahaan Anda. Berikut beberapa prospek pekerjaan berbeda yang bisa Anda temukan di bidang akuntansi :

1. Auditor Internal

Seorang internal auditor mempunyai tugas memeriksa atau mengaudit laporan keuangan secara internal dalam perusahaan untuk kepentingan manajemen perusahaan.

Auditor bertugas memastikan hasil laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Selain itu auditor internal memiliki kewajiban untuk memastikan pihak manajemen telah melakukan tugas dan fungsinya secara efisien untuk kemajuan perusahaan.

Auditor internal akan lebih banyak memberikan saran perbaikan kepada pihak manajemen, sehubungan dengan tingkat kepatuhan operasional perusahaan terhadap sistem pengendalian internnya, terhadap berbagai regulasi (Bappepam dan Pajak), termasuk terhadap konsep Good Corporate Governance.

internal-audit-kuliah-bareng

2. Profesi Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik. Setiap akuntan publik wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), asosiasi profesi yang diakui oleh pemerintah.

Tugas Akuntan publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansi bagi masyarakat. Akuntan yang berprofesi pada akuntansi publik disebut sebagai akuntan publik dan mereka akan mendapatkan fee dari pengguna jasanya.

Jenis pekerjaan yang biasa dilakukan oleh akuntan publik meliputi pemeriksaan laporan keuangan, bantuan di bidang perpajakan, sistem informasi akuntansi, ataupun konsultasi manajemen.

Untuk dapat menjadi akuntan publik bersetifikat (Certified Public Accountants/CPA) ada persyaratan khusus yang harus ditempuh oleh para akuntan.

Jasa-jasa yang ditawarkan oleh akuntan publik terbagi dalam dua bagian, yaitu:

  1. Jasa atestasi: jasa yang ditawarkan di dalamnya seperti audit umum atas laporan keuangan, pemeriksaan atas pelaporan informasi keuangan proforma, pemeriksaan atas laporan keuangan prospektif, review atas laporan keuangan serta jasa audit atestasi lain.
  2. Jasa non atestasi: jasa yang mencakup akuntansi, manajemen, keuangan, perpajakan, kompilasi serta konsultasi

Kisaran gaji seorang akuntan publik di tahun-tahun pertama berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan.

internal-audit-kuliah-bareng

3. Akuntan Intern

Akuntan intern atau akuntan privat adalah akuntan yang bekerja di perusahaan atau organisasi tertentu. Tugas-tugas akuntan intern adalah menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan yang ditujukan untuk pihak ekstern atau intern perusahaan, menyusun anggaran/budget, menangani masalah perpajakan perusahaan, melakukan pemeriksaan intern.

Jabatan yang dapat diduduki mulai dari staf sampai dengan kepala bagian akuntansi atau Direktur Keuangan. Bidang-bidang dalam akuntansi intern adalah:

  1. Akuntan umum, yang bertanggung jawab dalam hal pencatatan transaksi keuangan, penyusunan laporan manajemen, dan laporan keuangan umum (neraca, laba rugi, perubahan modal, aliran kas). Akuntansi umum menghasilan data dasar (basic data) untuk keperluan fungsi akuntansi.
  2. Akuntansi biaya, menganalisis biaya perusahaan untuk membantu manajemen dalam pengawasan biaya. Biasanya dalam akuntansi biaya ditekankan pada biaya produksi, tetapi akhir-akhir ini penekanan atas biaya pemasaran juga semakin meningkat.
  3. Penganggaran, menetapkan sasaran penjualan dan laba, serta perencanaan yang rinci untuk mencapai sasaran tersebut. Anggaran digunakan untuk mengawasi jalannya operasi perusahaan melalui perbandingan antara data sesungguhnya dengan anggaran.
  4. Perancangan sistem informasi, mengindentifikasikan kebutuhan informasi untuk kepentingan intern maupun ekteren. Setelah kebutuhan informasi diketahui, selanjutnya dirancang dan dikembangkan sistem yang sesuai.

Kisaran gaji seorang akuntan di tahun-tahun pertama berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan.

akuntan-internal-kuliah-bareng

4. Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Salah satu persyaratan untuk mendapatkan izin praktik sebagai konsultan pajak adalah lulus ujian sertifikasi konsultan pajak (USKP) yang diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Bagi profesional yang telah lulus ujian ini berhak mendapatkan gelar BAP.

Jasa konsultasi pajak yang diberikan biasanya jasa konsultasi pajak, perencanaan pajak (tax planning), pelayanan dalam pembuatan laporan SPT pajak (tax reporting services), review pajak (tax compliance service), jasa pendampingan pemeriksaan pajak (tax audit assistance), jasa pelatihan pajak (tax training services), jasa restitusi pajak (tax refund services).

Besaran biaya atau fee konsultan pajak adalah variatif tergantung dari jenis pekerjaan, kasus pajak, dan jangka waktu penyelesaian, semakin komplek permasalahan yang dihadapi akan semakin mahal biayanya.

konsultan-pajak-kuliah-bareng

5. Perencana Keuangan

Seiring dengan bertumbuhnya golongan menengah dan peningkatan kesejahteraan yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia maka kebutuhan seseorang yang dapat memberikan saran di bidang keuangan juga meningkat. Peluang ini sudah dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa orang yang menekuni profesi sebagai perencana keuangan.

Untuk peningkatan karier yang lebih baik maka diperlukan sertifikasi sebagai perencana keuangan. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Financial Planning Standards Board (FPSB) untuk seseorang yang ahli di bidang perencanaan keuangan. Untuk mendapatkan sertifikat ini, seseorang harus lulus tahap ujian yaitu Foundation in Financial Planning, Investment Planning, Risk Management & Insurance Planning dan Retirement, Income Tax and Estate Planning.

financial-planner-kuliah-bareng

6. Financial Analyst

Posisi financial analyst bisa dibutuhkan oleh perorangan atau institusi (badan usaha) dimana pekerjaan adalah menerjemahkan informasi keuangan untuk dijadikan dasar pertimbangan pengambilan keputusan bisnis, terutama sekali untuk kepentingan strategi ke depan, termasuk investasi.

Kisaran gaji seorang financial analyst di tahun-tahun pertama antara Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan. Kemajuan karier seorang financial analyst ditentukan oleh seberapa mumpuni dan jitu analisa yang dihasilkan (sehingga seberapa akurat output analisis yang dihasilkan untuk dijadikan input pengambilan keputusan).

Di Indonesia, financial analyst banyak menangani perusahaan sekuritas yang mengelola portofolio investasi para kliennya, atau menggeluti profesi sebagai seorang pialang saham mandiri.

Latar belakang pendidikan seorang financial analyst biasanya S1 akuntansi atau Manajemen Keuangan. Setelah dilanjutkan dengan program analis keuangan bersertifikasi dengan gelar Certified Financial Analyst (CFA). CFA dikeluarkan oleh CFA institute setelah seseorang lulus tahap tes sebanyak 3 level ujian. Orang yang ingin mengambil sertifikat CFA harus memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun dibidang analisis keuangan dan investasi.

financial-analisyst-dosen-kuliah-bareng

7. Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas memberikan materi di dalam kelas/di luar kelas. Gampangnya, akuntan pendidik adalah dosen/guru yang mengajar mata pelajaran/mata kuliah tentang akuntansi.

Tetapi, bisa juga menjadi seorang konsultan/pemateri acara-acara terkait akuntansi. Bisa juga akuntan pendidik bekerja dalam lembaga riset/penelitian yang secara khusus mempelajari masalah/isu tentang akuntansi yang beredar di masyarakat.

akuntan-pendidik-dosen-kuliah-bareng

8. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja di pemerintahan. Tugas utamanya adalah menyusun laporan keuangan pemerintah. Atau bisa juga mengaudit setiap instansi-instansi pemerintah di berbagai tingkat pemerintahan/dapil. Sudut pandang yang dipakai akuntan pemerintah bukanlah untung rugi melainkan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Akuntansi pemerintahan memiliki standar tersendiri dalam hal pencatatan akuntansi. Oleh karena itu, Ahli Akuntan Pemerintahan (AAP) ini adalah salah satu tolak ukur standarisasi akuntansi pemerintahan di Indonesia. AAP diselenggarakan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia). AAP biasanya diikuti oleh PNS yang menangani masalah keuangan di suatu lembaga pemerintah.

financial-analisyst-dosen-kuliah-bareng

dinukil dan diadopsi dari finansialku[dot]com

Beri rating Anda untuk artikel ini ya.. 🙂

Total rating

User Rating: Be the first one !

Member Login

Forgot Password?

Join Us

Password Reset
Please enter your e-mail address. You will receive a new password via e-mail.